Kamis, 08 Desember 2022 - 14:20:40 WIB
PELATIHAN RESIDU PESTISIDA CAPACITY-BUILDING WORKSHOPS SERIES PROGRAM KERJASAMA ARISE PLUS INDONESIA
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kegiatan - Dibaca: 250 kali

Dalam rangkaian kegiatan Pelatihan Residu Pestisida program kerjasama antara  Kementerian Perdagangan dengan ARISE Plus Indonesia pada Area Priority #3 yang  diselenggarakan pada 15 - 25 November 2022 di Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu, telah dilaksanakan Closing Meeting pelatihan yang dihadiri oleh Mr Marc Kwai Pun perwakilan ARISE Plus-Indonesia Team Leader I dan Profesor Rodriguez Fernandez Alba dari University of Almeira, Spanyol serta Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu.

Pelatihan Residu Pestisida diselenggarakan dalam rangka peningkatan kapabilitas Direktorat Standalitu sebagai Laboratorium Rujukan Nasional Residu Pestisida Pangan di Indonesia yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola seluruh jaringan laboratorium residu pestisida pangan di Indonesia yang memiliki kompetensi setara dalam melakukan pengujian sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian No. 12 Tahun 2014. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menyelenggarakan program uji profisiensi residu pestisida ke seluruh laboratorium di bawah LRPPI untuk membantu dalam mengevaluasi kinerja laboratorium.

Pada pelatihan ini difokuskan pada metode analisis glifosat pada kelompok komoditi yang berkategori sulit (unik). Profesor Amadeo menjelaskan teori dan praktek pengujian glifosat pada teh serta persiapan contoh uji profisiensi residu pestisida dengan menggunakan instrumen GC-MS dan LC-MS. Untuk program penyelenggara uji profisiensi residu pestisida, dilaksanakan praktek persiapan contoh uji profisiensi pada samplel tomat. Profesor Amadeo juga menyampaikan materi pendukung untuk membantu memudahkan proses analisis dan evaluasi data hasil uji profisiensi sehingga dapat menjadi masukan berharga untuk meningkatkan kualitas hasil penyelenggaraan uji profisiensi.

Program pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penyelenggara uji profisiensi Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu  untuk melaksanakan kegiatan  penyelenggaraan uji profisiensi residu pestisida dengan meningkatkan tingkat kesulitan matriks setiap tahunnya.